Icon Cursor

Toad Jumping Up and Down

Minggu, 21 Oktober 2012

RESEP MEMBUAT DONAT KENTANG

Dulu waktu saya SMP pelajaran tata boga pernah ada tugas membuat donat. Namun donat yg saya dan teman saya bikin tidak berhasil jadinya mama dari teman saya inilah yg membuatnya.
Sejak saat itu saya ingin sekali belajar membuat donat. Saat saya kuliah di semester akhir, saya meminta bantuan dari teman2 yg sudah pengalaman membuat donat dan akhirnya saya memulainya. pengalaman membuat donat pertama kalinya di bangku kuliah,, masih gagal,, karena donat yg dihasilkan lumayan keras kurang empuk dan tidak ada rasa. Hal tersebut kemungkinan karena terlalu kebanyakan memakai tepung terigu (3/4 kg) dan kentangnya (1/4 kg) / hanya sedikit jadi rasa kentangnya pun kurang, terlalu lama didiamkan (dibiarkan mengembang) (mengadon malam dan digorengnya besok siang harinya ).

Berikut pengalaman saya yg kedua kalinya membuat donat yg memang masih belum begitu sempurna.


Bahan-bahannya :
1/2 kg tepung terigu
1/2 kg kentang
1 sdt fermipan (ragi)
1 butir telur ayam
3 sdm margarin
2 sdm gula pasir
1 sdt garam



Cara membuatnya :
  1. Kentang direbus/ dikukus biar lunak, lalu dihaluskan.
  2. Kentang yg telah halus ditaruh kedalam wadah agak besar,, dan ditambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit.
  3. Fermipan diaduk dalam 1 sdm air mineral sampai mengembang,, kemudian fermipan, telur, sedikit gula (agar tidak gosong) dan sedikit garam dicampurkan kedalam wadah tersebut.
  4. Adonanan tersebut diaduk sampai kalis (semua benar2 tercampur rata dan tidak terlalu lengket ditangan),, boleh ditambahkan sedikit tepung ke tangan biar tidak lengket.
  5. Dibuat bulatan-bulatan kecil (donat bulat yang akan diisi meses atau keju,, maupun donat yang biasa di beri bolong tengahnya). 
  6. Didiamkan sekitar 2 jam sampai agak mengembang.
  7. Di goreng dalam minyak panas tapi api harus kecil biar tidak gosong dan adonan didalamnya matang.
  8. Jika sudah agak kecoklatan donat diangkat dan bisa diberi margarin dan ditaburkan meses/ keju. sesuai selera.

    Semoga tips ini sedikit membantu. Mksh ^-^

1 komentar:

Nganu mengatakan...

cara buat donat kentang ternyata lumayan sulit gan