Icon Cursor

Toad Jumping Up and Down

Selasa, 23 Oktober 2012

Proses Pemijahan Cupang Plakat-KU


Waahhh,, senangnya tak terkira...
Walaupun aku sedang banyak pikiran,, karena pembahasan tugas akhirku belum selesai :D,,
aku jadi senang karena aku berhasil memijah kedua cupang plakatku ini. Padahal ini pertama kalinya aku memijah cupang. Meski belajar secara otodidak,, banyak belajar dari artikel-artikel dan buku Joty Admadjaja yang ku punya,, dan aku aplikasikan,, dan SUKSEEESSS,,, yyeiiiihhh,,,
Lain hari aku mau belajar mengkawin silangkan jenis cupang lainnya,, achhh... :)

Ini cerita pengalamanku =)




Cupangku berjenis plakat berwarna silver ini berumur sekitar 5 bulan, ku beri nama Google, panggilannya Gogo. ^-^ ,, Kubeli Jumat, 19 Oktober 2012 di peternakan ikan ENJOY BETTA FARM - Purwokerto.
  Cupangku yang plakatku yang berwarna merah putih ini berumur sekitar 3 bulan lebih 2 mingguan, ku beri nama Mozila, panggilannya Momo. ^-^ ,, ku beli Kamis, 11 Oktober 2012. 







Senin, 22 Oktober 2012 Pukul 8 pagi jantan ku letakkan dalam toples tinggi toplesnya sekitar 8 cm dan ku isi air setinggi 6 cm. Jantan di biarkan sampai beradaptasi dengan lingkungan barunya.
 Masih dihari yang sama sekitar Pukul 1 siang betina yang masih ada dalam gelas aqua transparan kumasukan kedalam toples berisi cupang jantan. Hal ini agar jantan dan betina tidak berantem/ sling mengadu. Di tempat yang terpisah ini, dibiarkan agar jantan dan betina saling beradaptasi dan mengenal terlebih dulu. Bila cupang jantan jatuh cinta terhadap cupang betina, ia akan segera membuat gelembung busa-busa untuk meletakkan telurnya walaupun jantan dan betina baru saling bertemu. 

 Aku meletakkan plastik transparan di permukaan air sebagai tempat si cupang membuat gelembung busa untuk meletakkan telur-telurnya nanti. Plastik transparan ini digunakan agar telur-telur yang diletakkan di gelembung busa-busa dapat terlihat.





 Keesokan harinya, Selasa, 23 Oktober 2012 Pukul 6 pagi, sudah terlihat gelembung busa yang semakin banyak. Maka Pukul 7 pagi, cupang betina kusatukan/ kumasukkan kedalam toples si jantan. Tunggu aja sampai mereka tenang dan tidak gelisah karena berda dalam satu tempat yang sama. Awalnya kedua cupang ini terlihat seperti berantem/ saling beraDu. tapi itu bukanlah berantem, melainkan sedang berpacaran. Sii jantan agresif dan akan sering menggoyangkan ekornya yang mengembang lebar untuk menarik perhatian si cupang betina. Lama kelamaan mereka berdua akan bergerak tenang.



 Sekitar Pukul 8 sampai 10.30   pagi, Cupangku ini masih terus melakukan pemijahan. Hal itu akan terus berulang kali terjadi.
 Setelah melakukan pemijahan, cupang jantan akan melepaskan cupang betina. Cupang betina terlihat melemah (mengapung atau jatuh kedasar air) dan akan kembali berenang secara normal lagi. Saat proses pelepasan itu, betina akan mengeluarkan telur-telurnya. Telur berwarna putih kecil-kecil banget akan berjatuhan kedasar air dan cupang jantan akan mengambilkan dengan mulutnya. ^^ (Berhubung telurnya kecil sekali dan pengambilan foto pakai kamera HP jadi tidak terlihat telur-telurnya yang berjatuhan).





 Lalu telur-telur dari dalam mulut si jantan akan di keluarkannya / disemburkannya ke gelembung busa tersebut. 


Telur telur itu akan menempel pada gelembung busa tersebut.  








Sekitar Pukul 10.45 pagi atau proses pemijahan tersebut telah selesai, antara induk jantan dan betina akan saling beraDu/ berantem. Disini si jantan mengusir betina. Maka betina harus segera dikeluarkan agar tidak mati di adu si jantan.



Setelah antara jantan dan betina dipisahkan tempatnya, saat betina mulai tenang dan beradaptasi lagi ditempatnya yang baru (setengah jam didiamkan), segera di beri makan secukupnya (sampai makanan habis) barulah diberi Raid All (anti Ich - metilen Blue) karena bersifat cukup toksik, metilen blue diberi setitik saja untuk seukuran gelas aqua. 

Jantan juga diberi makan, namun jangan diberi metilen blue.

Sekian dulu cerita dariku dan pengalaman ini.
Tunggu ya proses penetasan telur dan perkembangbiakkan anak-anak cupangku ini.
:) :D ^-^


Tidak ada komentar: