Icon Cursor

Toad Jumping Up and Down

Selasa, 08 Januari 2013

Makna Sebuah Tanda Tangan


Ada perbedaan antara tulisan tangan dengan tanda tangan. Tulisan tangan mencerminkan perasaan terdalam penulis, sedangkan tanda tangan menggambarkan keinginan (cita-cita) penulis.

Perbedaan setiap kali tanda tangan itu wajar. Setiap orang sepertinya dalam melakukan tanda tangan maka bentuk tanda tangan yang satu dengan yang lainnya akan berbeda. Secara garis besar mungkin sama, tiap detail-detailnya pasti berubah, misalkan, tarikannya yang tidak sama panjang, bulatannya kurang satu dari yang pertama, ukurannya yang mengecil, dll.
Contoh :

Tanda tangan tersebut tidak konsisten, tidak persis satu sama lain, padahal dilakukan oleh satu orang pada selisih waktu yang hamper bersamaan.

Ciri-ciri tanda tangan :

·         Tanda tangan yang terputus-putus menunjukkan perjalanan hidup yang tersendat-sendat, dan tidak punya rencana awal yang matang.
·         Tanda tangan yang ruwet dan melingkar-lingkar menunjukkan orangnya suka mengeluh, sering memikirkan hal susah dari pada yang senangnya.
·         Bentuk tanda tangan kecil menunjukkan menyimpan banyak rahasia, dan bila berurusan dengannya akan sulit terselesaikan.
·         Pernak-pernik pada tanda tangan menunjukkan hidup si empunya sedang dimata-matai orang, adanya gangguan dari luar, suka memanipulasi diri, berbohong.
·         Garis bawah dalam tanda tangan,, bila garisnya menempel dibawah tanda tangan menunjukkan hidupnya tergantung pada orang lain. Garis bawah sebaiknya tidak menyentuh tanda tangan (garis harus terlepas dari tanda tangan). Kalau ujungnya ke bawah berarti pada hari tua sakit-sakitan dan makin sengsara dan bila ujungnya membentuk kait, hidupnya dililit hutang.
·         Garis dibawah tanda tangan menunjukkan keinginan individu untuk mendapatkan dukungan dari orang lain dan menunjukkan kekhasan dirinya bhwa ia berbeda dari orang lain. Semakin panjang garis tersebut semakin kuat kebutuhannya akan dukungan dari suatu keputusan.
·         Tanda tangan identik dengan karakteristik tulisan berarti merasa puas dengan dirinya sendiri, tidak ingin menonjolkan diri, tulus hati, teguh.
·         Tanda tangan diberi tanda titik menunjukkan adanya kesan rasa waswas, pendirian yang stabil, rasa curiga dan mencoba jaga jarak.  
·         Penempatan tanda tangan tepat diatas garis yang tersedia berarti respek terhadap diri sendiri maupun otoritas.  Bila agak diatas garis berarti kegembiraan. Bila dibawah garis berarti depresi.
·         Tanda tangan alurnya naik berarti rasa percaya diri yang besar. Bila alurnya turun berarti suasana yang suram. Bila tanda tangan berdesakan ke kiri dari tempat yang tersedia berarti adanya rasa takut atau kegagalan. Bila berdesakan ke kanan berarti kurang perhatian dan ceroboh.
·         Tanda tangan lebih kecil dari teks tulisan berarti keinginan untuk menyendiri. Bila tanda tangan lebih besar dari teks tulisan berarti ingin menonjolkan diri dan terbuka.
·         Bila hurufnya besar dan rapat berarti kesombongan. Bila tanda tangan kecil, rapat, pendek berarti rasa rendah diri. Tanda tangan besar dan bergaris bawah berarti kurang selera atau ego berlebihan.
·         Tanda tangan tak terbaca atau tak jelas berarti kurangnya perhatian terhadap komunikasi, bersifat tertutup, pandai menyimpan rahasia, cenderung berbohong, segi positifnya bersifat konseptual dan sangat hati-hati dalam bertindak. tanda tangan seperti itu akan diperkuat oleh adanya tanda titik.
·         Tanda tangan jelas berarti kejujuran dan sifat dapat dipercaya, percaya diri, terbuka, praktis.

·         Coretan tanda tangan mengakhiri tulisan Naik ke atas atau maju berarti bahwa pandangan orang tersebut keinginan untuk maju serta relative terbuka untuk perubahan. Semakin panjang garisnya ke arah kanan maka makin gigih dalam berjuang untuk mendapatkan prestasi yang diinginkan. Bila garis akhir terputus berarti membatasi keinginannya, tidak berani mengambil resiko, dan ragu-ragu dalam mengambil keputusan, sering putus semangat, kurang berani meneruskan harapan. Tanda tangan dengan garis kebawah berarti adanya energi yang menurun, kurang bersemangat, berpikir realistis mengalahkan idealisme.

Contoh : 


  


Sumber Buku Grafologi Dwi Sunar Prasetyono

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar