Icon Cursor

Toad Jumping Up and Down

Senin, 07 Januari 2013

Grafologi Tulisan dan Kondisi Psikofisis Seseorang


       Grafologi adalah seni dan ilmu yang mempelajari tentang tulisan tangan. Karena tulisan tangan berasal dari otak manusia, maka apa yang dituangkan dalam tulisan itu adalah buah pikirannya. Buah pikiran tersebut yang mencerminkan kepribadian seseorang. Dari tulisan seseorang melalui grafo-test dapat diketahui :
- Motivasi dan dorongan yang ada dalam diri.
- Kestabilan emosi.
- Bidang/ minat yang sesuai.
- Keadaan mental.
- Kecenderungan intelektual.
- Kekuatan dan kelemahan diri.

Arti sebuah Tulisan :
1. Arah Tulisan
  • Miring ke kanan menunjukkan sikap yang terus mengacu ke masa depan, pribadi yang ramah tamah, supel (pandai bergaul), kecintaan kepada Ayah dan kecendrungan diri yang extrovert (lebih terbuka).
  • Miring ke kiri menunjukkan sikap yang reflektif, kecintaan pada ibu dan kecendrungan diri yang introvert (menutup diri).
  • Tegak menunjukkan sikap yang tegar, suka mengamati lingkungan, banyak perintah, dan mampu mengendalikan emosi, ciri seorang pengusaha, pemimpin militer, dan penulis terkenal.

- Tulisan sejajar : kondisi kejiwaan seimbang.
- Tulisan naik : optimis terhadap kehidupan masa depan.
- Tulisan Turun : keraguan dan cepat depresi, mudah putus asa karena energinya yang cepat habis.
- Tulisan Naik lalu Turun (cembung) : awalnya antusiasme yang kuat tapi lambat laun memudar karena   energinya terkuras habis ketika masih dipuncak, tempramental namun cepat hilang juga.
- Tulisan Turun lalu Naik (cekung) : adanya keraguan dalam bertindak, namun diatasi dengan semangat bergerak naik, perasaan yang kacau, pendirian yang tidak tetap, perubahan suasana mood.

2. Penekanan Huruf
  • Penekanan Huruf di awal tulisan menunjukkan sikap yang tidak suka membuang-buang waktu, sangat cerdas, sangat praktis, objektif dalam menilai sesuatu, tidak pecaya dengan sesuatu yang bersifat dangkal.
  • Penekanan Huruf di akhir tulisan menunjukkan sikap supel, mudah beradaptasi, mempunyai kepedulian tinggi, bersifat sosial, dermawan, dan peduli dengan sesama.

3. Hubungan Antar Huruf
  • Normal : 4-5 huruf tersambung satu sama lainnya
  • Huruf tersambung lebih dari itu huruf mencerminkan sifat orang yang keras hati, keras kepala, sifat malas karena tidak mengakat pena dari permukaan kertas.
  • Huruf sambungannya sedang menunjukkan kemampuan intuisi, kurang mampu bersosialisasi,.
  • Huruf yang berdiri sendiri (tidak menyambung) menunjukkan si penulis sedang kacau.
4. Ukuran Huruf
  • Tinggi huruf 3 mm sebagai ukuran rata-rata. 
  • Tinggi huruf lebih dari 3 mm menunjukkan kepribadian yang merdeka, membutuhkan ruang untuk bahagia.
  • Huruf menjorok ke atas maupun ke bawah menunjukkan kemampuan mental atau fisik yang istimewa. 
  • Huruf yang kecil menunjukkan ekspresi kerendahan hati, cenderung rendah diri atau menarik diri, memperhatikan secara detail sisi kehidupan, konsentrasi yang tajam.
5. Keteraturan Tulisan
  • Tulisan yang tinggi huruf di wilayah tengah, kemiringan, dan besarnya huruf yang relatif sama/ tetap. Tulisan tersebut teratur mencerminkan pribadi penulis kaku, cenderung meredam gejolak hati sampai taraf memaksa. 
  • Ketidakteraturan dalam menulis mencerminkan kondisi emosi yang tidak stabil dan daya kreativitas yang tinggi. Contohnya adalah tulisan tangan Heyden, Mozart, dan Picasso yang miring serta jarak diantaranya tidak teratur.
6. Lebar Tulisan
  • Normal - panjang tarikan ke bawah tulisan dan jarak diantaranya sama, menunjukkan sifat orang yang ramah.
  • Jaraknya lebar menunjukkan punya imajinasi yang hidup dan suka berbicara di depan umum seperti berpidato dan bercerita.
  • Tarikan tulisan ke atas dan ke bawah saling berdekatan menunjukkan sifat yang menyembunyikan segala sesuatu, sikap tidak tulus hati.
7. Jarak Tulisan
  • Jaraknya lebar menunjukkan hubungan antar pribadi atau kecenderungan penulis untuk menjaga jarak terhadap orang lain, bersifat tertutup, butuh waktu lama untuk dekat, terbuka dan bersikap hangat dengan orang lain.
  • Jaraknya sempit menunjukkan si penulis cepat menjalin relasi yang intim dengan orang lain, mudah akrab dengan orang lain, mudah bergaul sehingga banyak orang menyukainya.

8. Jarak antar Baris
  • Jaraknya normal atau seimbang : kemampuan mengelola dan mengorganisasi, akan menjadi manager yang handal, eksekutif sukses, kekuatan berpikir yang abstrak. 
  • Jarak tulisan antar baris menyempit atau tumpang tindih : keresahan, kebingungan, cemas, sulit beradaptasi dengan lingkungannya, tertutup, tidak humoris, hubungan yang formal si penulis.
  • Jarak antar baris lebar :  hubungan semakin formal dengan orang lain.

9. Zona Tulisan
  • Zona Atas menunjukkan hubungan yang kuat dengan tingkat perkembangan intelektual dan spiritual, kerja keras, gigih, ulet, ambisi, idealitas, imajinasi, ingin sempurna, egoistik.

  • Zona Tengah menunjukkan daerah keseimbangan, realitas, aktivitas, rutinitas, ego, materialisme, pusat pada diri, relasi sosial, bertindak berdasarkan fakta, praktis, tidak mudah terpengaruh.

  • Zona Bawah menunjukkan kemampuan pikir analitis, seksual, materialistis, mampu mengorganisasi, tidak mudah terkena ilusi, bertanggung jawab, hidup dibangun diatas dasar yang jelas, percaya pada pendekatan yang realistis.



Keterangan Rinci :

1. Bentuk dan Ukuran Dalam Tulisan
  • Tulisan besar (Positifnya) : Percaya diri, sungguh-sungguh, superioritas, tulus, optimis, mandiri, mampu berorganisasi, bangga diri, pandangan luas, berani. (Negatifnya) : Arogan, bangga diri, Ingin memberi kesan, kurang disiplin, kurang memperhatikan orang lain.
  • Tulisan sedang atau Normal (Positifnya) : Sikap apa adanya, bagaimana dia memandang dirinya sendiri, mengangap dirinya biasa saja tidak tinggi dan tidak rendah, pintar bergaul, mudah menyesuaikan diri dengan normal dilingkungan masyarakat, realistis, persepsi yang objektif baik menenai diri sendiri maupun lingkungannya.
  • Tulisan kecil (Positifnya) : daya konsentrasi, berhati-hati, akurat, tidak berlebihan, toleran, mampu menyesuaikan diri, melakukan sesuatu sesuai prosedur, spesialisasi, kritis, teoritis, mampu berbisnis, suka mempelajari sesuatu, berpikir terlebih dulu. (Negatifnya) : rendah diri, takut, tunduk pada orang lain, tidak bisa melihat aspek yang besar, kurang percaya diri, jiwa ekonomis, kurang bergairah, terlalu memperhatikan hal yang kecil dan formal, mudah putus asa.


2. Kemiringan Tulisan
  • Miring ke Kanan (Positifnya) : mampu beradaptasi, mampu bersosialisasi, punya keahlian tertentu, aktivitas, inisiatif, spontanitas, semangat, lebih aktif dari merenung, mampu berkomunikasi, optimisme, mapu berkorban, peka dalam suatu proyek, empati, tidak egois, keinginan memberi, ekspresif, pengabdian, afeksi. (Negatifnya) : kurang kontrol, kurang bersikap tenang, tidak sabar, terburu-buru, kurang mampu beristirahat, mudah terganggu, kurang berpikir, kurang disiplin, mudah tersinggung, mudah dipengaruhi, kurang mampu membuat keputusan yang baik, dorongan mengikuti caranya sendiri, kurang tau bahaya, tidak konsisten, terlalu banyak biccara dari yang dibutuhkan, mampu beradaptasi berlebihan, tergantung pada orang lain, dapat melakukan kekerasan.
  • Miring ke Kiri (Positifnya) : introspeksi, kontrol, bangga diri, bersikap hati-hati atau mampu menghindari bahaya, menahan diri, bebas dari ilusi, peka dalam membuat perhitungan, kebebasan, mampu menentukan arah, ambisi, abstraksi, kesetiaan, mampu berefleksi, meditatif. (Negatifnya) : tingkah laku yang dipaksakan, kesadaran diri yang berlebihan, arogan, bangga diri berlebihan, kurang emosi yang mendalam, sinis, tidak mudah didekati, punya maksud tersembunyi, sensitif, iri, cemburu, mudah merasa pahit, berpusat pada diri, kadang ketakutan terhadap masa depan.


  • Tulisan Tegak (Positifnya) : melihat ke depan, kebutuhan akan kemandirian, bangga, skeptis, memiliki jarak personal, kontrol, kepala dingin, mampu mengarahkan diri sendiri, sikap konstan atau tidak mudah berubah, tidak mudah dipengaruhi, bekerja dengan baik, tenang, realistis. (Negatifnya) : kurang bersikap sentimental, kurang beremosi, terhambat, pasrah, segan, berpusat pada diri, tidak memiliki kejelasan, kaku, pesimis, dingin, kurang minat pada dunia luar, kurang berempati, kurang responsif.



  • Variasi Kemiringan Tulisan : ragu-ragu dalam mengambil keputusan, tidak tetap pendirian, ada konflik batin yang mengakibatkan inkonsistensi dan ketidakmampuan untuk membuat suatu keputusan. 

3. Tulisan Cepat dan Lamban

  • Tulisan Cepat = Positif : Kecepatan dalam berpikir, objektifitas, fleksibel, butuh stimulasi, kegembiraan, inteligensi, semangat, gesit, cekatan, minat, inisiatif, energik, aktivitas mental, percaya diri, ekspresi alami, melihat ke depan, ambisi, spontanitas, luwes, memiliki tujuan, dapat menyesuaikan diri dengan cepat, ingin melakukan bermacam hal. Negatif : kurang bisa melakukan analisis, pikiran kosong, tertarik pada hal bersifat buatan, tergesa-gesa, kurang mapu berencana, mudah terpesona, mudah terpengaruh, kurang konsentrasi, kurang konsisten, muda gelisah, mudah bosan, temperamental.
  • Tulisan Lamban = Positif : teguh, hati-hati, kontrol diri, tepat, bijaksana, rapi, konsisten, berkepala dingin, tenang, kalem, seimbang, ekonomis, tertutup, cermat. Negatif :  pasif, ragu-ragu, kurang aktif, kurang bertanggung jawab, cemas, depresi, putus asa, kurang siap, lamban, kurang tenaga, lemah, malas, kurang bisa mengambil keputusan, membosankan.

4. Tulisan Latin dan Cetak
  • Tulisan Latin = Positif : berpikir sistematis, terstruktur, terencana, logis, realistis, detail, komprehensif, dedukatif dan abstrak. kesiapan dalam bekerja, pekerjaan bersifat teoritis, religi, filosofis, kebutuhan dorongan akan perubahan, memiliki tujuan, sanggup kerja kooperatif, pendekatan individual pada permasalahan, ketahanan dalam bekerja, melihat pada kegunaan.  Negatif : kurang menarik perhatian, kurang mampu berpikir intuitif, pengamatan yang jelek, penolakkan, kegelisahan, kurang mandiri, berpikir sempit, dan tidak logis.
  • Tulisan Cetak/ Balok = Positif :  berpikir intuitif, mampu memunculkan ide, imajinasi dan visi, mampu menemukan hal baru, pengamatan yang baik, inisiatif intelektual, pemahaman yang cepat, berpikir kritis, inspirasi, sensitivitas emosi, terus terang. Negatif : kurang konsisten, kurang sosial, kurang mampu berpikir ke depan, egosentris, keras kepala, terpengaruh suasana perasaan, tamak, kesepian, ketidakpuasan, ketakutan di dalam diri, kurang rasa aman, mengalami kompleks inferior, kurang mampu beradaptasi, ingatan yang jelek, kurang menyukai kritik, kegelisahan, kurang mapu berpikir logis, memperhatikan diri sendiri.
  • Empat ciri tulisan Latin (bersambung) : Garland (melengkung seperti kalung), Arcade (persegi-persegi), Angle (tajam/ membentuk sudut), Thread (lurus seperti benang).
  • - Garland = tulisan yang umum dan praktis menunjukkan mudah bergaul, fleksibilitas, percaya diri, tulus, alami, simpatik, empati, toleransi, terus terang, perhatian, optimisme, feminin, santai, pandangan bebas. mudah terpengaruh, kurang disiplin, kurang stabil, emosional, memiliki arah kurang jelas, malas, tidak konsisten, tidak tegas.
  • - Arcade = diplomatis dan terbuka menunjukkan mandiri, senang keindahan, jaga jarak, skeptis, nilai stabil, ingin melindungi, merenung, hati-hati, tidak ceroboh, peka, formalitas, menghargai tradisi, sulit ditekan, merasa dirinya hebat/ superior. sombong, suka bohong, sulit mencerna pikirannya, bersifat hipokrit, penuh akal bulus dan tipu daya, ingkar janji, tidak tulus, kesedihan.
  • - Angle = ingin segala sesuatu dibawah kendalinya, penegakkan disiplin, bertanggung jawab meski tugas bukan miliknya, senang tantangan, keinginan yang kuat, ambisius, kaku dan kurang luwes, tetap pendirian, berpikir eksak, monoton, suka hal-hal rutinitas, kurang peka lingkungan, tajam analisi, tajam perkataan. tegas, yakin, disiplin, semangat, konsisten, teliti, berpikir serius, bersungguh-sungguh, gigih, mampu menentukan diripikiran terstruktur, terencana, sistematis, tabah/ setia, jujur, bersifat maskulin, bisa mengambil keputusan. cenderung kaku, tidak suka humor, suka hidup mewah, tidak berperasaan, kurang toleran, agresif, lamban, kurang puas, sensitif, suka curiga, tamak, keras kepala, dingin.
  • - Thread = orang kreatif dan menghargai waktu seperti diplomat, psikolog, politikus, psikiater, pembisnis yang maju. kreatif, inovatif, wawasan ke depan, terampil, mampu beradaptasi, cekatan, luwes, diplomatis, intuitif, pemahaman spontan, banyak bakat, bermuka dua, sikap yang dibuat-buat, iri, dengki, pendendam, culas, berbohong, kurang tegas, mencari aman diri sendiri, mudah dipengaruhi.






Sumber di ambil dari Buku Grafologi karangan Dwi Sunar Prasetyono.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Grafologi = ilmu menganalisa potensi kepribadian seseorang melalui tulisan tangannya.
Ina,s.psi, M.Psi,CHA
psikolog, grafolog dan dosen di USU.
Phone : 081397080831
081262626161
Email : Bundaina7@yahoo.Com
Kantor : JL.Bromo Ujung no.226
(Komp.Ruko Hijau) Kec.Medan Area
Medan - Sumatera Utara